JOTA JOTI

JOTA JOTI Nasional dan APR 2013 akan dilaksanakan pada 2-4 Agustus 2013. Adalah Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-31 serta 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (JOTA-JOTI tingkat Asia Pasifik) akan berlangsung besok mulai tanggal 2-4 Agustus 2013.
JOTA – JOTI (Jamboree On The Air – Jamboree On the Internet) merupakan salah satu pertemuan dalam kepramukaan yang menjadi kegiatan tahunan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet. JOTA dan JOTI dilaksanakan di tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik), dan Internasional.
Seorang pramuka putri sedang ‘ber-Jota’ (foto: Grup FB DKD Jateng)
Sebagai salah satu pertemuan pramuka, JOTA dan JOTI dapat diikuti oleh seluruh golongan anggota pramuka mulai dari peserta didik hingga anggota dewasa. JOTA JOTI Nasional 2013 tepatnya akan berlangsung selama satu hari yaitu pada tanggal 2 Agustus 2013 yang kemudian dilanjutkan oleh Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree (JOTA JOTI tingkat Asia Pasifik) pada tanggal 3-4 Agustus.
Adapun logo dari Jamboree on the Air (Jota) Nasional ke-73 dan Jamboree on the Internet (Joti) Nasional ke-31 yang pelaksanaan digabungkan dengan 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree, logonyapun mengadopsi dari logo APR Air/Internet Jamboree sebagai berikut:
jota73joti31
Logo Jota-Joti Nasional dan APR Air/Internet Jamboree 2013
Dalam pelaksanaan JOTA-JOTI, setiap Kwartir Cabang Gerakan Pramuka akan melakukan kerja sama dengan ORARI dan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk membuat stasiun JOTA-JOTI. Dari stasiun-stasiun yang didirikan inilah setiap pramuka berkesempatan untuk mengikuti JOTA dan JOTI sehingga dapat berkomunikasi, bertukar pikiran, serta berdiskusi dengan berbagai pramuka lain se-Indonesia dan se-Asia Pasifik.
Untuk tata cara dan prosedur agar bisa mengikuti JOTA dan JOTI, silakan baca artikel sebelumnnya: Cara Berpartisipasi dalam JOTA-JOTI.
Bagaimana cara berpartisipasi dalam Jota dan Joti? Apa yang dilakukan jika ingin mengikuti kegiatan Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti)? Padahal Jota-Joti 2013 (Jota Nasional ke-73 dan Joti Nasional ke-31 sekaligus 9th Asia Pacific Region Air / Internet Jamboree) akan segera dilaksanakan besok pada 2 – 4 Agustus 2013. Dan Jota-Joti Internasional akan dilaksanakan pada 19-20 Oktober 2013.
Untuk ikut berpartisipasi atau mengikuti kegiatan Jota dan Joti sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang sama-sama mudahnya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan masing-masing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang, sedangkan cara kedua adalah cara mandiri.
JOTA – JOTI (Jamboree On The Air – Jamboree On the Internet) sendiri merupakan salah satu kegiatan tahunan kepramukaan. Jota atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka sedunia dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan Joti atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.
Stasiun Penyerta Jota-Joti

Melalui Kwarcab dan DKC

Jika ingin berpartisipasi dalam kegiatan Jota dan Joti baik tingkat Nasional, Regional (Asia Pasifik) maupun tingkat dunia, cara yang pertama adalah memanfaatkan keberadaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) dan Dewan Kerja Cabang (DKC) yang ada di masing-masing kota atau kabupaten. Kwarcab dan DKC se-Indonesia akan membentuk stasiun Jota dan Joti di masing-masing kota atau kabupaten. Setiap pramuka yang ingin mengikuti Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) tinggal mendatangi stasiun ini dan nantinya akan dipandu oleh kakak-kakak operator dari Dewan Kerja Cabang mulai dari proses registrasi hingga pelaksanaannya.
Dengan mengikuti Jota dan Joti dari stasiun yang didirikan oleh Kwarcab dan DKC ini setiap peserta selain mendapatkan panduan dan bimbingan selama kegiatan pun akan mendapatkan piagam kegiatan dan Tanda Ikut Serta Kegiatan atau Tiska yang dikeluarkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Jota Joti Mandiri

Selain memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Cabang di masing-masing kota dan kabupaten, para pramuka pun bisa mengikuti Jota dan Joti secara mandiri. Mengikuti Jota-Joti secara mandiri berarti seluruh proses dilakukan secara mandiri. Mulai dari proses pendaftaran (registrasi), panduan-panduan, dan sewaktu persiapan hingga pelaksanaannya pramuka bisa memanfaatkan situs resmi Jota-Joti yang disediakan oleh WOSM.
Langkah-langkah pendaftaran sila baca artikel: Cara Registrasi Peserta Jota-Joti
Peserta Jota-Joti Internasional secara mandiri dapat memperoleh piagam penghargaan dengan cara memprint piagam online yang diberikan melalui situs jota-joti.
Nah itulah dua pilihan untuk ikut berpartisipasi dalam Jamboree on the Air (Jota) dan Jamboree on the Internet (Joti) baik memanfaatkan fasilitas Kwarcab dan DKC ataupun mengikutinya secara mandiri. Jika memilih cara pertama, segeralah menghubungi Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di tempat masing-masing.

Cara registrasi peserta JOTA JOTI terkadang membingungkan sebagian anggota pramuka yang ingin berpartisipasi dalam Jamboree on the Air (JOTA) dan Jamboree on the Internet (JOTI). Apalagi jika kemudian edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengenai JOTA-JOTI ini tidak kunjung didapatkan.

Namun tenyata untuk mendapatkan berbagai informasi seputar Jamboree on the Air (JOTA) dan Jamboree on the Internet (JOTI) tidak sulit. WOSM telah membuat sebuah situs resmi, http://www.jota-joti.org. Dalam situs ini selain mendapatkan berbagai informasi tentang pelaksanaan JOTA dan JOTI kita juga bisa melakukan pendaftaran (registrasi) peserta secara online.
Dengan melakukan pendaftaran (registrasi) peserta JOTA dan JOTI melalui situs ini, setiap anggota pramuka di seluruh dunia bisa membuat weblog, membuat galeri foto, bermain Jampuz, mencari stasiun JOTA tertentu, mengirim kartu JOTI (JOTI Card), dan tentu saja, mendownload sertifikat kegiatan, melalui jota-joti.org.

Panduan Cara Registrasi Peserta JOTA-JOTI

Untuk melakukan registrasi peserta Jota-Joti, tata cara dan panduannya telah kakak kemas dalam sebuah video tutorial. Sila simak video tutorial berikut (klik panah putih di tegah video):

Setelah registrasi di http://www.jota-joti.org berhasil sekarang pendaftar telah terdaftar sebagai peserta JOTA dan JOTI secara global. Sedangkan untuk mulai ber-Jota dan ber-Joti, tentunya masih diperlukan beberapa persiapan dan perangkal lainnya yang kesemuanya akan dibahas dipostingan mendatang.

  • Sedangkan untuk logo JOTA JOTI 2013 baca: Logo Jota-Joti 2013.
  • Untuk cara download, install, dan setting program mIRC untuk JOTI, baca: Download, Install, Setting mIRC untuk JOTI
  • Cara instan mengikuti JOTI tanpa instal dan login: JOTI Indonesia